Sekilas Photo Challenge : Fashion and Nature 2014

Perkumpulan MySingkawang dan KabarKampus.com menggelar lomba fotografi dengan bekerja sama dengan fotografer Singkawang. Event ini diberi nama Photo Challenge : Fashion and Nature, Minggu, 16 November 2014.

Piala Photo Challenge : Fashion and Nature 2014 desain oleh Nono Suprayitno.

Setiap fotografer harus memotret 3 model yang telah menempati spot khusus di kawasan Pantai Batu Burung dan Telaga Arkana, Teluk Mak Jantu-Sedau, Singkawang. Para fotografer bebas menggunakan teknik fotografi namun dilarang keras melakukan editing di komputer. Setelah memotret, file karya langsung diberikan kepada panitia penyelenggara.

Ini bukan hanya sekadar memotret fashion. Ini sebuah tantangan untuk mengeksplorasi teknik-teknik pengambilan gambar fotografi. Selain itu, lokasi pemotretan menjadi penting dalam photo challenge kali ini. Ada kesatuan yang utuh antara model, fashion, dan lansekap. Dan fotografer ditantang untuk menciptakan gambar yang indah dari ketiga hal ini.

Rabudin alias Cece Dini Penk bersama 3 Model dalam acara Photo Challenge : Fashion and Nature 2014.

Tiga model yang diajak untuk mengenakan busana hasil desainer kawakan Singkawang, Dini Penk, tidak sembarangan. Mereka adalah generasi muda Singkawang yang telah menorehkan sejumlah prestasi. Salah satunya adalah Annisa, yang baru saja meraih predikat sebagai Dare Singkawang 2014. Ia juga adalah seorang atlet anggar yang kelak akan bertarung di PON.

Sementara desainer pula pernah meraih penata rias terbaik se-Indonesia dalam parade busana daerah di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta pada tahun 2013. Rabudin atau biasa dipanggil Dini Penk juga meraih penghargaan sebagai Parancang Busana Unggulan dan Perancang Busana Terbaik pada tahun 2014 di TMII.

Prestasi Dini Penk inilah yang menjadi alasan kerjasama untuk lebih mengeksplorasi dunia fashion di Singkawang. “Saya akan menyuguhkan busana terbaik sehingga para fotografer bisa merekam dengan sempurna,” kata Dini Penk.

Saat panitia menunjukkan lokasi pemotretan. Dini Penk dan peserta Photo Challenge tampak bersemangat melihat kawasan pantai Batu Burung, Teluk Mak Jantu-Sedau, Singkawang.

Eksplorasi kawasan Teluk Mak Jantu, Sedau, Singkawang
Hasil foto peserta menjadi sarana promosi kawasan Kampung Budaya Nelayan Teluk Mak Jantu Singkawang.
Photo Challenge : Fashion and Nature 2014 berusaha membangun jaringan fotografer Singkawang.

Pantai Batu Burung merupakan kawasan wisata budaya nelayan yang masih terlihat alami. Garis pantainya dihiasi dengan ribuan batu besar dan kecil. Belum lagi saat matahari terbenam, maka keindahan lansekapnya tak kalah dengan pantai-pantai terbaik di Indonesia. Pantai Batu Burung dikelola secara mandiri oleh warga Teluk Mak Jantu, yakni Pak Pawadi.

Lokasi pemotretan kedua adalah Telaga Arkana. Kawasan pemancingan ikan tawar ini cukup unik, karena letaknya tidak jauh dari pantai. Pohon kelapa yang berjejer menjadi benteng terakhir saat abrasi mulai mengikis pantai. Arief Kristianto, pemilik Optik Jingga tergerak untuk mengeksplorasi kawasan ini agar tetap lestari.

Masuk ke 2 kawasan ini, Gratis!

Setelah melakukan pemotretan. Panitia penyelenggara dan seluruh pendukung akan membuat pesta kecil. Isinya sharing pengalaman sambil menikmati kuliner ala fotografer Singkawang. Sejumlah komunitas fotografi pun diundang untuk terlibat dalam sharing pengalaman dalam dunia fotografi. Harapannya, fotografer bisa saling kenal, membuat event yang berkelanjutan, serta menyemarakkan dunia fotografi khususnya di Singkawang.

salam hangat
Frino Bariarcianur
Director of Photo Challenge : Fashion and Nature 2014.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *