Demi Masa Depan

Speed : 1/160s, F : 9, ISO 640. Lokasi : Jalan Tani, Singkawang. 05 September 2015. FOTO : FRINO BARIARCIANUR
Speed : 1/160s, F : 9, ISO 640. Lokasi : Jalan Tani, Singkawang. 05 September 2015. FOTO : FRINO BARIARCIANUR

Sabtu sore, asap masih menyelimuti kota Singkawang. Seorang pria tengah asyik mengumpulkan padi. “Tanah ini memang subur untuk pertanian.”

Laki-laki yang kutemui itu bernama Mustafa, salah seorang petani Singkawang, yang dulu tinggal di Jalan Tani. Kulitnya gelap dengan wajah yang dihiasi senyum. Ia tak sendiri di sawah. Ia bersama keluarganya.

Dulu, bila panen tiba, Jalan Tani akan berwarna kuning. Tapi kini salah satu kawasan pertanian Singkawang ini telah banyak berubah. Sungguh telah berubah.

Di tengah hiruk pikuk penjualan tanah, lahan pertanian Mustafa tak lama lagi akan dijual. Apalagi lokasinya tidak jauh dari bangunan megah Grand Mall Singkawang. Sehingga harga yang ditawarkan pun sangat fantastis. Satu meter dijual 2,3 juta rupiah.

Cerita jual beli tanah lahan pertanian yang subur ini semakin menjadi-jadi.

Sejak terdengar rencana pengusaha besar Singkawang ingin membangun sebuah Mall, para pemilik tanah mulai tergiur. Para orang kaya pun berlomba membeli lahan pertanian. Tentunya lahan pertanian akan disulap menjadi kawasan perumahan.

Satu milyar, dua milyar, hingga puluhan milyar….angka ini terus menanjak. Rumah-rumah petak terus bertambah. Pemandangannya pun kontras dengan padi yang telah menguning.

Hidup di Singkawang memang selalu berubah. Dan buktinya sejumlah orang tiba-tiba menjadi milyarder dengan menjual tanah.

Tanah keluarga Mustafa yang sedang dipanen ini pula sudah dipasang papan pemberitahuan “Dijual” lengkap dengan nomor telepon. Jika ada yang berminat bisa langsung menghubungi Mustafa dan keluarga.

“Kami masih punya lahan di Sa Kok, Bang,” kata Mustafa.

Diantara asap kebakaran hutan, baju kotor dan kaki penuh lumpur, sorot mata Mustafa tampak bahagia. Sekarung padi berasa ringan di pundaknya.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *